Menu

Menu 2

Telp. 0281 6510476 / WA 0821 33 4444 50. Jl. Komisaris Bambang Suprapto 16A Purwokerto

Kamis, 15 Februari 2018

PROSESI AQIQAH

Prosesi Aqiqah Nurul hayat
aqiqahnh.blogspot.com
Prosesi Aqiqah

    Sebagaimana walimatul Ursy dan walimatul khitan pada umumnya, pesta aqiqah juga dilakukan dengan mengundang sanak keluarga, para famili dan tetangga.Tentu saja  segala sesuatu harus ditata sedemikian rupa agar tidak mengotori makna aqiqah yang merupakan sunah Rasul. Semuanya harus dilakukan dengan islami, baik pengaturan tepat  duduk, cara berpakaian, maupun tata cara makan. bahkan guna menambah nilai spiritual aqiqah, ada baiknya jika dalam acara aqiqah ini juga diselipkan ceramah agama.

Materinya bisa tentang pendidikan anak, kewajiban anak terhadap orang tua, tanggung jawab orang  tua terhadap anak dan lain sebagainya.

    Secara berurutan prosesi aqiqah itu meliputi :
1. Mencukur rambut, diawali dengan membaca BISMILLAH
    Rambut Hasil cukuran kemudian ditimbang dan nilainya disedekahkan. Maksudnya, setelah bayi dicukur, semua rambutnya ditimbang. Berat timbangan rambut tersebut  kemudian diganti dengan emas atau perak. Nilai tukar emas atau perak tersebut bisa diwujudkan uang sesuai dengan perak dipasaran, lalu disedekahkan kepada fakir miskin atau anak yatim.
H dan arah mencukur rambut dari sebelah kanan ke kiri. Harus dicukur bersih tidak boleh belang-belang. Seperti Sebuah  hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra bahwa : "Nabi SAW melihat seorang laki-laki yang dicukur sebagaian kepalanya dan ditinggalkan yang lainnya. maka beliau  melarang beliau melakukan itu dan bersabda: Cukurlah olejmu atau tinggalkan seluruhnya." hal ini karena Rasulullah SAW menginginkan seorang muslim bisa tampil ditengah  tengah masyarakat dengan penampilan yang layak. Sedangkan mencukur sebagaian rambut dan membiarkan bagian yang tumbuh bertentangan dengan kehormatan dan keindahan  penampilan seorang muslim.

Baca Selanjutnya ==>

https://toryoys.tumblr.com/post/170924246555/catering-aqiqah-nurul-hayat-tangernag-selatan
Terkait : Aqiqah Nurul Hayat, tentang aqiqah = http://bit.ly/2EtIQqX

2 komentar: