Menu

Menu 2

Telp. 0281 6510476 / WA 0821 33 4444 50. Jl. Komisaris Bambang Suprapto 16A Purwokerto

Jumat, 02 Februari 2018

Aqiqah dan Qurban, mana yang harus didahulukan ?

Aqiqah Tangerang Selatan 2018
aqiqah tangerang selatan
Penulis :  Aqiqah Tangerang Selatan

Aqiqah dan Qurban

Tentang Aqiqah dan Qurban, apakah sama?
permasalahan :
Apabila pelaksanaan aqiqah bertepatan dengan bulan–bulan haji, apakah bisa digabungkan antara hewan qurban dengan aqiqah, dengan melaksanakan salah satunya saja. Ataukah antara aqiqah dan kurban itu sendiri merupakan hal yang sama?

Pembahasan : Untuk permasalahan ini, para ulama kembali terbagi menjadi dua bagian ;
1. menjelaskan Bahwa hewan qurban jika digabungkan dengan aqiqah, karena bertepatan dengan bulan haji, maka tidak menjadi masalah bagi ulama hambali, dan Muhammad bin Sirin serta Hasan Bashri. Diceritakan dalam satu riwayat bahwa ayah dari imam Ahmad, yaitu Hambal pernah membeli hewan qurban dan menyembelihnya di bulan haji dengan niat qurban sekaigus aqiqah.  Dengan alasan inilah ulama di atas membolehkan kurban dan aqiqah dilaksanakan pada satu waktu dan satu niat, yaitu ketika idul adha.
2. Dan pendapat ulama Maliki, yang berpendapat bahwa qurban dan aqiqah adalah hal yang berbeda. Dalam segi syariat keduanya sudah berbeda, sebab disyariatkan keduanya juga berbeda. Maka qurban dan aqiqah tidak bisa digabungkan satu sama yang lainnya.
Antara Aqiqah dan Qurban, mana yang lebih didahulukan?



Kebanyakan ulama berpendapat bahwa aqiqah maupun qurban hukumnya sunah muakkad (yang sangat ditekankan). Disebutkan dalam riwayat Muslim dari sahabat Ummu Salamah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila kalian melihat hilal bulan dzulhijah dan kalian hendak berqurban maka jangan menyentuh rambut dan kukunya.”

Kalimat: ‘hendak berkurban’ menunjukkan bahwa qurban hukumnya sunah dan tidak wajib.
Berdasarkan hal ini, yang terbaik adalah seseorang melaksanakan kedua sunah tersebut bersamaan. Karena keduanya dianjurkan untuk dilaksanakan. Jika tidak mampu melakukan keduanya dan waktu aqiqah berbeda di selain hari qurban, maka hendaknya mendahulukan yang lebih awal waktu pelaksanaannya. Akan tetapi jika akikahnya bertepatan dengan hari raya qurban, dan tidak mampu untuk menyembelih dua ekor kambing untuk akikah dan satunya untuk qurban, pendapat yang lebih kuat, sebaiknya mengambil pendapat ulama yang membolehkan menggabungkan aqiqah dan qurban.

Terkait :
Pengertian Aqiqah,
Hewan Untuk Aqiqah,
Aqiqah Tangerang Selatan,
Aqiqah Nurul Hayat



#aqiqah #aqiqahnh #aqiqahnurulhayat #akikah #aqiqoh #aqiqahtangerangselatan #jasaaqiqahtangsel #jasaaqiqah #pesanaqiqah #cateringaqiqah #aqiqahdanqurban #aqiqahtangerangselatan2018 #kambingaqiqah #pengertianaqiqah #aqiqahhits

Tidak ada komentar:

Posting Komentar